April 13, 2024

Komunitas Segajabung

ꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦠꦱ꧀ꦱꦼꦒꦗꦧꦸꦁꦩꦼꦫꦸꦥꦏꦤ꧀ꦱꦼꦧꦸꦮꦃꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦠꦱ꧀ꦤꦶꦂꦭꦶꦧꦪꦁꦧꦼꦂꦒꦼꦫꦏ꧀ꦥꦝꦥꦼꦊꦱ꧀ꦠꦫꦶꦪꦤ꧀ꦢꦤ꧀ꦥꦼꦔꦼꦩ꧀ꦧꦁꦔꦤ꧀ꦲꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧈ꦧꦲꦶꦏ꧀ꦪꦁꦧꦼꦂꦱꦶꦥ꦳ꦠ꧀ꦩꦤꦸꦮꦭ꧀ꦩꦲꦸꦥꦸꦤ꧀ꦢꦶꦒꦶꦠꦭ꧉ꦏꦺꦴꦩꦸꦤꦶꦠꦱ꧀ꦱꦼꦒꦗꦧꦸꦁꦉꦱ꧀ꦩꦶꦢꦶꦭꦸꦚ꧀ꦕꦸꦂꦏꦤ꧀ꦥꦝꦠꦁꦒꦭ꧀꧇꧓꧑꧇ꦄꦒꦸꦱ꧀ꦠꦸꦱ꧀꧇꧒꧐꧑꧙꧇ꦝꦶꦥꦼꦟ꧀ꦝꦥꦥꦫꦱꦩꦾ꧇꧒꧇ꦏꦺꦴꦩ꧀ꦥ꧀ꦭꦺꦏ꧀ꦥꦼꦩ꧀ꦝꦧꦤ꧀ꦠꦸꦭ꧈ꦧꦼꦂꦱꦩꦢꦼꦔꦤ꧀ꦏꦼꦒꦶꦪꦠꦤ꧀ꦫꦺꦱ꧀ꦠꦺꦴꦫꦱꦶꦱꦺꦴꦱꦶꦪꦭ꧀ꦒꦼꦂꦧꦁꦥꦿꦗ꧇ꦒꦼꦫꦏꦤ꧀ꦧꦁꦒꦥꦼꦁꦒꦸꦤꦴꦤ꧀ꦲꦏ꧀ꦱꦫꦗꦮ꧇ꦣꦶꦤꦱ꧀ꦱꦺꦴꦱꦶꦪꦭ꧀ꦝꦲꦺꦫꦃꦆꦱ꧀ꦠꦶꦩꦺꦮꦪꦺꦴꦒꦾꦏꦂꦠ꧉

Komunitas aksara Jawa Segajabung merupakan sebuah komunitas nir laba yang bergerak pada pelestarian dan pengembangan aksara Jawa, baik yang bersifat manual maupun digital. Komunitas Segajabung resmi diluncurkan pada tanggal 31 Agustus 2019, di Pendhapa Parasamya II komplek Pemda Bantul, bersamaan dengan kegiatan Restorasi Sosial Gerbangpraja (Gerakan bangga penggunaan aksara Jawa) Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta.
Komunitas Segajabung didirikan oleh Setya Amrih Prasaja,S.S., sebagai aktivis aksara Jawa sekaligus filolog pada seksi Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Komunitas ini sengaja didirikan untuk menampung kreatifitas anak – anak milenial yang masih peduli dengan aksara Jawa, namun tidak memiliki ruang gerak dan ekspresi yang memadai, sehingga kemunculan komunitas aksara Jawa ini bisa menjadikannya tempat saling berbagi dan ruang berkreasi bagi mereka.

Komunitas Aksara Jawa Sega Jabung bukanlah komunitas tandingan dari instansi – instansi yang memang mengurusi bahasa, sastra, serta aksara Jawa, namun kami ingin memberikan solusi alternatif untuk ikut berkomitmen dan berpartisipasi dalam rangka mengembalikan marwah peradaban Jawa melalui pengenalan dan pelatihan aksara Jawa, disamping itu tuntutan zaman dan kesempurnaan. Aksara Jawa adalah keniscayaan, untuk itu kita harus pro aktif dalam rangka ikut membumikan aksara Jawa, sehingga aksara Jawa tetap bisa dipertahankan sebagai bentuk local genius dan identitas khas Aksara Jawa.